Bahasa Inggris penting bagi siswa

Image: corbis.com

Image: corbis.com
YOGYAKARTA- Bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain. Terlebih, saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Demikian disampaikan Presiden Student English Activity-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (SEA-UMY) Omi Ongge dalam diskusi terbatas Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris di Kampus Terpadu UMY baru-baru ini.

Menurutnya, bahasa Inggris tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi secara langsung tetapi juga menunjang mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan perkuliahannya. “Saat ini referensi-referensi terbaru kebanyakan adalah berbahasa Inggris baik cetak maupun online atau internet. Selain itu seringkali kampus mengadakan atau mendatangkan dosen tamu dari luar negeri, serta mengadakan seminar internasional. Kesempatan-kesempatan tersebut pastinya akan menggunakan bahasa Inggris,” jelasnya.

Karena itu, mahasiswa harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan melakukan berbagai aktivitas terkait dengan hal tersebut. “Seperti menulis artikel, mengikuti diskusi, debat, maupun pidato bahasa Inggris. Hal itu selain akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris juga pengetahuan secara keseluruhan. Misalnya lomba pidato, selain harus pandai berbahasa Inggris, juga harus menguasai tema, kemudian berani berbicara di depan umum dan lainnya,” tambah Omi.

Mahasiswa Hubungan Internasional Kelas Internasional UMY ini menambahkan, kemampuan bahasa Inggris juga dapat dioptimalkan dengan mengikuti lomba debat bahasa Inggris. Lomba debat juga dapat memberikan motivasi terkait pentingnya bahasa Inggris. “Dalam lomba debat, khususnya bahasa Inggris, peserta selain memiliki kemampuan bahasa Inggris juga harus mampu mengasah pengetahuan serta berfikir kritis. Dia juga harus berani mengemukakan pendapat dan paham mengenai apa yang sudah disampaikan,” katanya.

Muhammad Basuki, S.E, dari Career Development Center (CDC) UMY mengatakan, organisasi mahasiswa seperti SEA dapat mendorong kemampuan soft skill seorang mahasiswa. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan berbicara, sosialisasi dengan orang lain, menjalin kerjasama, membangun jaringan dan lainnya. “Terlebih SEA merupakan kegiatan mahasiswa terkait dengan bahasa Inggris. Hal tersebut menjadi nilai tambah bagi mahasiswa tersebut. Nantinya pasti bermanfaat ketika telah selesai kuliah. Karena soft skill juga diperlukan untuk menunjang hard skill yang dimiliki,” tegasnya. (rfa)(rhs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: